Berita

//

Perlu Membumikan Nilai Butir-butir Eksistensi Pancasila • Dari Diskusi Internalisasi Pancasila

2021-03-30 08:46:10 Admin Web Portal


LUBUKLINGGAU-Asisten l Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Lubuklinggau, Kahlan Bahar didampingi Kabag Pemerintahan Setda Kota Lubuklinggau, M Rozikin mengikuti diskusi kelompok terpumpun penyusunan usulan, langkah dan strategi internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam produk hukum dengan Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP bersama Sekretariat Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) melalui Vidcon di Command Center (CC) Kantor Wali Kota Lubuklinggau, Selasa (30/3).

Acara dibuka oleh Wakil BPIP, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd, dalam diskusi Hariyono menyampaikan Ideologi Indonesia sudah inklusif, dalam artian sudah lama direnungkan, dipikirkan dan disepakati oleh pendiri bangsa. Hanya saja selama puluhan tahun keberadaannya, Pancasila masih mengalami banyak tantangan sehingga kita merasa belum sepenuhnya merdeka.

Menurut Hariyono kita bukan saudara seagama melainkan saudara sebangsa dan setanah air. “Kita ingin Pancasila sebagai tolerensi persatuan elemen bangsa, dengan demikian kita benar-benar menjadi bangsa yang berdaulat,” katanya.



BPIP sendiri lanjutnya siap mendengarkan saran dan masukan dari wali kota anggota APEKSI dalam upaya kemajuan dan pengembangan paham Pancasila.

Sedangkan Ketua Dewan Pengurus APEKSI yang juga Wali Kota Bogor, Bima Arya menyampaikan tugas kita sekarang membumikan Pancasila agar dipahami oleh seluruh masyarakat maupun publik, Pancasila harus menjadi jawaban berbagai referensi kebijakan.

Sekarang sambung Bima Arya, bagaimana mensinkronkan masing-masing Pemkot untuk membumikan butir-butir eksestensi Pancasila agar dipakukan di lembaga-lembaga diman substansi pemahaman Pancasila harus bisa masuk ke generasi minelial saat ini agar paham Pancasila. (*)




Berita terkait:


Pemkot Lubuklinggau Raih WTP Lima Tahun Berturut-turut

26 Ribu Lebih Uploader logo "Ayo Ngelong ke Lubuklinggau", Pecahkan Rekor MURI

PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE - 71 TAHUN 2016

HT Kunjungi Kota Lubuklinggau

Upacara Memperingati HUT RI ke 72

HUT RI, Menpora Kenakan Pakaian Adat Lubuklinggau

Acara Malam Resepsi Kenegaraan meriah, Walikota berikan bingkisan kepada Veteran Kota Lubuklinggau

Sekda Tutup Diklat PIM tingkt IV angkatan VI dan VII

Walikota Jalan Santai Bersama Ratusan Warga Mesat Jaya

Peringatan Gempa BMKG


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 601
  • Kemarin 2478
  • Minggu ini 4841
  • Bulan Ini 23218
  • Total 944947

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?